Sunday, 21 January 2007

Sabda Imam NII-KW9

Al Zaytun Menolak Dikaitkan NII

http://www.tempointeractive.com/hg/nasional/2007/01/20/brk,20070120-91664,id.html

Sabtu, 20 Januari 2007 | 20:04 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang, menolak tudingan pesantrennya terkait dengan gerakan KW 9 yang bertujuan mendirikan Negara Islam Indonesia (NII).

"Itu tudingan salah alamat, Al Zaytun adalah pusat pendidikan pengembangan budaya toleransi, dan perdamaian," kata pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang, Sabtu(20/1), usai acara peringatan tahun baru 1 Muharam 1428 hijriah di kompleks pesantren Al Zaytun Indramayu, Jawa Barat.

Panji Gumilang meminta masyarakat menghentikan tudingan itu. Dia sebagai ketua pesantren menjamin tidak ada gerakan semacam itu. Namun, dia mengatakan bahwa dalam alam demokrasi saat ini orang bisa saja bebas berbicara.

Menurut Panji, pesantrennya juga tidak berafiliasi dengan partai. Dia membantah pesantrennya ada kaitannya dengan Partai Golongan Karya dengan kedatangan Jusuf Kalla ini, "Di sini bukan Golkar, Al Zaytun tak bisa dikaitkan dengan Golkar dan partai lain," kata Panji.

Panji mengatakan belum mengambil sikap untuk mendukung partai dalam pemilu mendatang. "2009 masih jauh, kita lihat saja nanti, calonnya saja belum nampak," ujarnya.

Dalam pengembangan pendidikan, Panji mengatakan pesantrennya tidak berbeda dengan pesantren lain."Kita punya semangat pesantren yang mandiri, cinta ilmu dan toleransi tetap ada di Al Zaytun ini," kata Panji.

Dalam pemilihan presiden yang lalu, pasangan Wiranto-Sholahudin Wahid menang mutlak di pesantren ini. Diduga suara untuk pasangan yang didukung Golkar ini digelembungkan. SUTARTO

22:21 / by / 0 Comments

No comments:

Post Top Ad