Tuesday, 13 May 2008

Anggota NII di Grebeg Di Bandung

17 Anggota NII Ditahan
Anggota NII, Seragam Mulai dari Helm Sampai Pakaian
Andri Haryanto - detikBandung


Bandung - Selama setahun, kediaman RZ yang digerebek pihak kepolisian 20 April lalu ramai didatangi orang. Tamu-tamu tersebut memiliki keseragaman dari tipe motor yang digunakan, helm berwarna merah dan pakaian serba biru. Mereka dicurigai anggota NII.

Hal itu diakui Ketua RT setempat, Sumitro, kepada detikbandung, Selasa (13/5/2008). Sumitro� menyatakan tamu-tamu yang berdatangan memiliki kesamaan dari jenis motor, helmnya yang berwarna merah dan pakaian yang dikenakan serba biru. Meski pakaiannya tertutup jaket tapi warnanya bisa diketahui dari kerah baju yang menyembul.

Menurut Sumitro, rumah RZ mulai ramai dikunjungi selepas RZ meninggalkan rumah tersebut selama setahun. Awalnya, RZ mendiami rumah tersebut selama dua tahun. Tahun ketiga, RZ pindah ke tempat lain. Tahun berikutnya kembali menempati rumah tersebut.

Dirinya pun tak menaruh curiga dengan kehadiran para tamu tersebut. Sebab menurut Sumitro RZ selain sebagai koperasi rumah RZ pun mengaku membuka usaha MLM di rumahnya. "Saya kecolongan dengan peristiwa ini," ujar Sumitro.

Namun menurut Sumitro, untuk pembaitan NII sendiri sepertinya dilakukan di luar kawasan Riung Bandung. "Lokasi NII di Riung Bandung hanya tempat ngobrol-ngobrol saja," tuturnya.

Ditemui di tempat terpisah, warga yang enggan menyebutkan namanya juga mengaku tidak curiga kepada RZ. "Kita nggak nyangka aja yang selama ini tidak kita curigai ternyata dicurigai oleh pihak kepolisian. Kami pun baru mengetahui lewat media bahwa orang-orang yang kemarin ditangkap adalah anggota NII. Karena polisi juga hanya menyebutkan mereka sebagai pelaku penipuan," ujarnya.

Warga menyebutkan, rumah RZ didatangi orang setiap harinya. Ada yang datang dan ada yang pergi. Suatu hari tamu datang kurang lebih 20 orang mayoritasnya laki-laki. Mereka berdatangan ke rumah RZ sekitar pukul 07.00 WIB. Warga melihat setiap yang datang ada yang berjalan kaki atau menggunakan kendaraan bermotor.

Suatu hari salah seorang warga melihat ada 8 kendaraan bermotor di depan rumah RZ. "Anehnya, kendaraan yang diparkir ramai tapi tidak terdengar sama sekali suara dari dalam rumah," ujarnya.

Warga menambahkan, jika melihat keseharian RZ, warga pun tak mengira jika RZ adalah seorang petinggi NII.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak kepolisian menangkap 35 anggota NII pada 20 April lalu. Mereka ditangkap ketika sedang melakukan pembaitan NII. Saat ini, polisi menahan 17 orang yang salah satunya RZ yang diduga sebagai petinggi NII. ( ema / ern )

No comments: